Meester Cornelis Perkampungan Pinggir Sungai

 

Pada abad ke-17, daerah ini merupakan pemukiman para pangeran kesultanan Banten. Di tahun 1661, Cornelis Senen, seorang guru agama Kristen yang berasal dari Banda, Maluku, membeli tanah di daerah aliran sungai Ciliwung. Sebagai guru dan kepala kampung, Cornelis Senen diberi gelar Meester. Semenjak dibangunnya Jalan raya Daendels, tanah yang dimiliki oleh Cornelis Senen secara partikelir ini berkembang pesat menjadi pemukiman dan pasar yang ramai. Hingga kini masyarakat menyebutnya dengan Meester Cornelis atau Mester.

Pada abad ke-19, Meester Cornelis merupakan kota satelit (gemeente) Batavia yang terkemuka. Meester Cornelis juga merupakan ibu kota dari kawedanan Jatinegara yang melingkupi Bekasi, Cikarang, Matraman, dan Kebayoran. Pada tanggal 1 Januari 1936, pemerintah kolonial menggabungkan wilayah Meester ke dalam bagian kota Batavia.

Nama Jatinegara baru muncul tahun 1942, saat Jepang menduduki Indonesia. Nama Meester yang terlalu berbau Belanda diganti menjadi Jatinegara. Nama Jatinegara diambil dari Jatina Nagara yang berarti simbol perlawanan Kesultanan Banten terhadap kolonial Belanda saat itu.

Gambar di atas menunjukkan bahwa kampung Meester Cornelis terletak dipinggir sungai Ciliwung dan deretan rumah yang berjejer dipinggir sungai merupakan sebuah pemandangan dari perkampungan yang hingga kini tidak berubah. Wilayah pinggiran sungai ini memang sisi kontras dari perkembangan kota Batavia yang dibeberapa tempat merupakan bagian kota yang memiliki hunian nyaman bagi golongan elit  Eropa. Perkampungan pinggir sungai dari Meester Cornelis hingga saat ini menjadi kawasan slum area dari wilayah Jakarta berkutat dengan banjir yang tidak pernah teratasi. Ya, sisi buram sebuah kota……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s