Bencana Lahar Dingin Merapi Tahun 1931

 

Letusan Gunung Merapi di wilayah Jawa Tengah telah banyak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang cukup besar. Banyak desa yang rusak dan tinggal menjadi puing-puing, tidak berhenti di situ, ancaman lain adalah banjir lahar dingin yang sewaktu-waktu selalu mengancam masyarakat. Banjir lahar dingin ini menimbulkan kerusakan yang tak kalah dahsyat bagi masyarakat, bahkan mampu memutuskan jalur transportasi sehingga mengganggu mobilitas masyarakat.

Sebenarnya sejarah telah mencatat dampak terjangan lahar dingin ini bagi masyarakat di wilayah dan kota-kota yang dekat dengan Gunung Merapi. Gambar di atas menunjukkan bagaimana dampak lahar dingin menerjang dan merusak jalur kereta api yang menghubungkan kota Yogyakarta dan Magelang di wilayah Muntilan tahun 1931. Dalam gambar di atas memperlihatkan kerusakan jalur kereta api dan para pekerja sibuk membersihkan jalur kereta api dari material vulkanik.

Peristiwa-peristiwa ini seharusnya menjadikan masyarakat dan terutama pemerintah lebih siap agar penanganan korban bencana berjalan dengan baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s