Ki Hadjar Dewantara dan Wilden Scholen Ordonantie

Ki Hadjar Dewantara

Kita baru saja memperingati hari pendidikan nasional  ditengah berbagai kekisruhan yang terjadi dalam pratek pendidikan kita. Tidak perlu disebutkan di sini kekisruhan apa saja yang terjadi dan secara kasat mata dapat terlihat. Sementara, bila kita kembali melongok ke belakang bagaimana bapak pendidikan kita Ki Hadjar Dewantara melalui perjuangannya berusaha untuk memerdekakan bangsa kita dari belenggu diskriminasi dibidang pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Ketika Ordonansi sekolah liar akan diberlakukan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1932, Ki Hadjar Dewantara mengirimkan telegram kepada Gubernur Jendral, meminta Gubernur Jendral untuk membatalkan ordonansi tersebut. Telegram ini di publikasikan oleh Majalah Timboel tanggal 6 November 1932.

Hari ini, 1 October 1932 jaitoe hari berlakoenja ordonnantie baroe oentoek segala sekoelah partikelir jang tidak dapat soebsidi dari pemerintah, oleh Ki Hadjar Dewantara telah dikirimkan soerat kawat kepada Goeboernoer Djendral seperti jang berikoet:

“Gubernur Jenderal Buitenzorg”

Excellentie! Ordonnantie jang disadjikan amat tergesa-gesa dan didjalankan dengan tjara paksaan dan mengenai sendi toelangnja masjarakat dan adab, sesoedahnja rentjana pengadjaran (dari pemerintah) dibatalkan (oleh volksraad) seolah-olah memboektikan kebingoengan dam kegentaran pada pemerintah, jang dengan sifat berbahaja salah mengerti dan salah meraba terhadap kepentingan hidoep matinja Ra’jat. Bolehlah saja memperingatkan, bahwa walaoepoen machloek jang ta’ berdaja mempoenjai rasa asali berwadjib menangkis bahaja oentoek mendjaga diri dan demikianlah djoega boleh djadi kami karena terpaksa akan mengadakan perlawanan sekoeat-koeatnja dan selama-lamanja dengan tjara tenaga diam.

Ki Hadjar Dewantara”

Telegram ini membuktikan bagaimana Ki Hadjar Dewantara menolak diberlakukannya Ordonansi Sekolah Liar yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Belanda dan akan melakukan perlawanan secara terus menerus terhadap ordonansi ini. Ordonansi sekolah liar yang diciptakan oleh pemerintah kolonial Belanda adalah ordonansi bagi sekolah-sekolah partikelir yang tidak disubsidi oleh pemerintah kolonial Belanda. Dan sekolah ini biasanya didirikan oleh tokoh pergerakan nasional sehingga sekolah-sekolah ini dianggap liar oleh pemerintah kolonial Belanda karena dianggap menggangu Rust en Orde-nya pemerintah kolonial Belanda.

Ki Hadjar Dewantara bukan hanya bapak pendidikan tetapi juga tokoh yang berjuang melawan diskriminasi yang dilakukan oleh pemerintah kolonial dalam bidang pendidikan demi terwujudnya “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.

Sudahkah ini dilakukan saat ini oleh insan-insan pendidikan kita????

————0000———–

Iklan

One comment on “Ki Hadjar Dewantara dan Wilden Scholen Ordonantie

  1. Ping-balik: Situs Berita Sepak Bola - Tiga Menit Mematikan, Stramaccioni Marah | RuangKabar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s